Jumat, 17 Maret 2017

Aliran Rasa Apresiasi Kemandirian Anak

Game Level 2 dalam perkuliahan Bunda Sayang, semakin menantang. Yaitu melatih kemandirian anak dan membuatkannya portofolio untuk masing-masing anak. Semakin menantang bagi saya karena berbarengan dengan Ali patah tulang tangan, lalu operasi. Belum lagi urusan keluarga yang sangat menguras waktu, pikiran dan tenaga.

Melatih kemandirian Arsya tidak sulit, karena Alhamdulillaah Arsya sudah saya biasakan makan sendiri, bereskan mainan, dan toilet training. Untuk memakai dan melepas pakaian masih perlu dibantu. Sejauh ini soal kemandirian Arsya oke.

Lain hal dengan Ali yang mengalami kemunduran, tapi hal tsb bukan karena malas melainkan satu tangannya yang berkurang fungsi karena patah. Urusan kemandirian diri sendiri seperti merapikan kamar tetap jalan namun butuh bantuan utk melipat bedcover. Membantu orangtua juga saya liburkan dulu.

Ketiduran beberapa malam tanpa sempat setoran tantangan, otomatis gagal mendapat badge Outstanding Performance, krn syaratnya setor tantangan selama 10 hari berturut-turut. Kemudian putus asa di beberapa hari terakhir, ingin berhenti begitu saja pada level ini karena merasa tak sanggup menyetor tantangan tepat waktu. Namun akhirnya tiba2 membulatkan tekad bahwa saya bisa. Yes, I can!

Akhirnya, dengan motivasi langsung dari Ibu Septi di grup Bunda Sayang khusus Koordinator, serta teman-teman sesama koordinator yang senantiasa menyemangati kami di grup, berhasillaah saya menyetor tantangan dengan cara di rapel, hehe

Alhamdulillaah selain mendapatkan 2 badge pada game level 2 ini, saya mendapat ilmu baru tentang kemandirian anak yaitu : Kemandirian/keterampilan Dasar yang harus sudah dikuasai anak hingga maksimal usia aqil baligh, kemudian dilanjutkan dengan Keterampilan Abad 21.

Semua materinya menyusul ya...hihi... karena saat ini masih terbatas waktu untuk online. Saya harus siaga mendampingi Ali bolak-balik kontrol dan fisioterapi di RS, juga latihan fisioterapi mandiri di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar